GA-We4Jet – Satu tahun perjalanan program We for Jet yang dilaksanakan oleh Gema Alam NTB telah banyak menghasilkan perubahan, baik individu maupun kelompok. Cerita – cerita perubahan yang dialami oleh penerima manfaat diantaranya meningkatnya kapasitas perempuan dan kelompok rentan dalam kepemimpinan. Dalam menjalankan program supaya memberikan dampak yang baik dan tepat sasaran, Gema Alam tetap mengacu pada beberapa hal diantaranya; pengorganisasian, pendampingan, peningkatan kapasitas dan advokasi. Perubahan yang paling nampak dapat dirasakan adalah pemahaman masyarakat dan pemerintah desa tentang disabilitas meningkat.Ini terlihat dengan dimasukkannya data penyandang disabilitas (hasil pendataan menggunakan Washington Group Questionare) pada profil desa di 6 lokasi program.

Selain cerita perubahan, dokumen hasil pendataan dan kajian juga dihasilkan dari program ini diantaranya, dokumen/buku penyandang disabilitas, dokumen hasil kajian partisipatif dengan menggunakan metode participatory rural appraisal (PRA) dan kajian rapid care analysis (RCA). Hasil dokumen ini dapat dijadikan acuan dalam proses perencanaan pembangunan di desa supaya program desa tepat sasaran. Di dalam konsep pembanguan yang inklusif harus menyasar semua orang, “no one left behind” (tidak ada yang tertinggal).

Untuk dapat melihat dokumen pembelajaran yang dihasilkan dalam program We for Jet selama satu tahun, silahkan dapat diunduh pada link di bawah ini. (gantb)