GA-We4Jet – Pasca digelarnya Sekolah SETARA siklus V & VI, berlanjut lagi ke Sekolah SETARA siklus VII dengan tema “Tata Kelola Energi Terbarukan Berbasis Potensi Desa”. Dari keenam desa ini masing – masing memiliki potensi sumber daya alam yang potensial untuk dikembang menjadi energi terbarukan. Hal ini beradasarkan dari hasil kajian potensi desa yang sudah dilakukan sejak tahun 2023 yang lalu. Sekolah SETARA silus 7 ini dimulai dari tanggal 20 – 25 Mei 2024 yang berlokasi di enam desa yaitu Tete Batu Selatan, Rarang, Pandan Indah, Lantan, Dasan Geria dan Taman Ayu.

Sekolah SETARA siklus VII ini akan difasilitasi oleh Suhupawati, M.Pd selaku MEAL Officer dari program WE for JET dan peserta terdiri dari pemdes (Kades), pelajar Sekolah SETARA dari siklus VI, Ketua BUMDes dan Community Organizer laki-laki. Sekolah SETARA siklus 7 akan menjadi penutup kegiatan sekolah setara yang sudag berlangsung sejak 2023 dan satu tahun program We for Jet berjalan.

Melalui Sekolah SETARA yang didesain menjadi ruang penguatan kapasitas dan pengorganisasian bagi perempuan juga disabilitas. Pada siklus ke 7 ini akan membahas terkait dengan potensi sumber daya alam yang potensial termasuk melihat kelayakan dan model pengelolaanya. Adapun potensi-potensi di masing-masing desa yang bisa dikembangkan menjadi energi terbarukan sudah dipetakan secara partisipatif oleh masyarakat melalui kajian Participatory Rural Apraisal (PRA) dan mengerucut di kegiatan Sekolah SETARA V & VI.

Tujuan Sekolah SETARA kali ini bagimana memastikan sumber daya alam potensial yang bisa dikembangkan menjadi energi terbarukan, melihat kelayakan dari potensi yang dipilih/ditentukan dan menyepakati model pengelolaan energi terbarukan.

Bersama para perempuan, perempuan disabilitas, pemerintah desa, dan juga bumdes mereka serius berdiskusi bersama mencari solusi terbaik untuk mengembangkan energi terbarukan di desa masing – masing. Semangat masyarakat desa untuk bersama sama mengembangkan potensi energi yang ramah untuk alam dan manusia merupakan langkah yang baik untuk terus maju dan berdaya. (gantb)