GA We4Jet – Bergeser ke Lombok Timur tepatnya di desa Rarang,  focus group discussion Rapid Care Analysis hadir membahas esensi kerja perawatan sehari-hari. Dalam diskusi yang berlangsung selama 2 hari pada 26-27 Februari 2024, perempuan, disabilitas, dan laki-laki bersatu untuk merinci aktifitas careworks, yang terkadang dilakukan tanpa pengakuan atau bayaran.

Hasilnya mencerminkan perbedaan besar dalam tanggung jawab careworks, menyoroti dominasi perempuan dalam peran ini. Careworks yang seringkali melekat pada tugas rumah tangga, sering tidak dihargai dan kurang mendapat dukungan yang layak. FGD ini bukan sekadar diskusi, tapi panggilan untuk membuka mata akan pentingnya careworks, bahkan jika tidak dibayar secara finansial.

Kesadaran ini diharapkan tidak hanya mengurangi kesenjangan gender dalam careworks tetapi juga merangkul lebih banyak laki-laki untuk memahami peran krusial ini dalam kehidupan sehari-hari. Suara dari Desa Rarang, memberikan warna pada upaya menuju kesetaraan gender. (gantb)