Melangkah ke Desa Pandan Indah, Kabupaten Lombok Tengah, Gema Alam NTB hadir membahas esensi kerja perawatan sehari-hari. Dalam dialog yang berlangsung pada 24-25 Februari 2024, pelibatan perempuan, disabilitas, dan laki-laki untuk merinci aktifitas careworks, yang terkadang dilakukan tanpa pengakuan atau bayaran.

Hasilnya mencerminkan perbedaan besar dalam tanggung jawab careworks, menyoroti dominasi perempuan dalam peran ini. Careworks yang seringkali melekat pada tugas rumah tangga, sering tidak dihargai dan kurang mendapat dukungan yang layak. FGD ini bukan sekadar diskusi, tapi panggilan untuk membuka mata akan pentingnya careworks, bahkan jika tidak dibayar secara finansial.

Kelompok laki – laki menyusun infrastruktur dan isu kunci carework

Kesadaran ini diharapkan tidak hanya mengurangi kesenjangan gender dalam careworks tetapi juga merangkul lebih banyak laki-laki untuk memahami dan peduli pada peran krusial ini dalam kehidupan sehari-hari.

Kelompok perempuan juga terlibat aktif dalam menyusun isu carework

Harapannya dari FGD ini, bisa membuka pengetahuan para peserta bahwa kerja perawatan sangatlah penting meskipun tidak dibayar, jangan dianggap sepele karena tidak menghasilkan. Ini membuka mata bahwa kesenjangan gender masih terjadi, untuk itu keterlibatan laki – laki dalam carework sangatlah penting supaya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh perempuan dan dapat mengurangi kesenjangan gender dari ranah yang paling kecil yaitu keluarga.(gantb)