GA We4Jet – Setelah sekolah setara siklus I dan II, Gema Alam kembali lagi melaksanakan sekolah setara siklus III. Kali ini mengangkat tema mengenal “citra diri” yang ditujukan kepada perempuan dan disabilitas. Sekolah setara ini langsung difasilitasi oleh ketua Gema Alam, Haiziah Gazali.  Sekolah Setara ini dilakukakan di 2 desa di Lombok Timur yaitu desa Rarang dan desa Tete Batu Selatan pada hari Senin – Selasa, 19 – 20 Februari 2024.

Dihadiri sepuluh orang perempuan dan disabilitas, Sekolah Setara  siklus III kali ini menjadi ajang untuk memberikan motivasi kepada para perempuan dan menumbuhkan kepercayaan diri pada perempuan. bagaimana cara berfikir yang positif dapat membentuk citra diri yang lebih baik.

Pada siklus yang ketiga ini para perempuan di desa Rarang dan desa Tete Batu Selatan diharapkan dapat menemukan “citra diri” mereka dan memperbaiki cara pandang mereka tentang memahami, dan menilai aspek-aspek seperti penampilan fisik, kepribadian, keterampilan, dan nilai-nilai diri sendiri.

Mendapatkan citra diri yang baik tak lepas dari memahami hal-hal positif dalam diri sendiri, sehingga potensi dalam diri bisa tereksplor 100%. Citra Diri adalah konsep yang dibentuk di dalam pikiran kita mengenai seperti apa kita sebagai seseorang manusia.

Citra Diri dalam psikologi dalam bentuk yang paling dasar akan membentuk gambaran mental internal atau ide mengenai diri sendiri, bagaimana cara berpikir dan merasa mengenai diri sendiri berdasarkan penampilan, kinerja dan hubungan – hubungan yang mempengaruhi kehidupan sebagaimana tingkat kebahagiaan dan kepuasan hidup seseorang.

Setelah mengetahui apa itu citra diri, harapannya para perempuan dapat melakukan reflaksi terhadap diri sendiri, baik menyangkut kemampuan, kekuatan dan dan nilai – nilai yang ada pada diri. (ga)