GA (We4Jet) – Pasca traning of fasilitator rapid care analysis (TOF RCA), Gema Alam NTB dalam program We for Jet melakukan Focus Group Discussion Rapid Care Analysis bagi enam desa di lokasi program. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang carework (kerja perawatan) di dalam rumah tangga dan kehidupan sehari – hari masyarakat. Kegiatan ini difasilitasi oleh fasilitator lapang desa Dasan Geria dan community organizer (CO) yang sudah dilatih pada TOF RCA.

FGD ini dimulai dari desa Dasan Geria pada hari Sabtu – Minggu, 17 – 18 Februari 2024 dengan menghadirkan peserta dari unsur perempuan, disabilitas dan laki – laki, kegiatan ini berlangsung di kantor desa Dasan Geria.

Tema FGD kali ini akan menggali kerja perawatan yang dilakukan setiap hari, setiap minggu bahkan mungkin setiap bulan oleh para peserta. Kerja perawatan ada yang dibayar maupun tidak dibayar. Kali ini para peserta akan diajak untuk melihat dan mendiskusikan aktifitas setiap hari mulai dari pagi sampai waktu istirahat baik yang laki – laki maupun perempuan. Peserta diminta untuk menuliskan segala bentuk aktifitasnya mulai yang tidak dibayar yang mereka kerjakan sehari – hari.

Dari proses FGD ini, terlihat jelas bahwa aktifitas harian perempuan, disabilitas dan laki – laki sangatlah berbeda. Kerja perawatan lebih banyak dikerjakan oleh perempuan. Pengaturan kerja perawatan kerap kali cuma diserahkan kepada rumah tangga yang mayoritas adalah perempuan. Buntutnya, kerja perawatan dalam rumah tangga individu biasanya tidak dibayar, tidak diakui, dan mendapat sedikit dukungan.

Dalam laporan bertajuk“Care Work and Care Jobs for the Future of Decent Work” (2018) disebutkan, kerja perawatan adalah seluruh pekerjaan yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan fisik, psikologis dan emosional orang dewasa dan anak-anak, tua dan muda, lemah dan berbadan sehat, bayi baru lahir, orang tua, orang dengan disabilitas, yang membutuhkan perlindungan, perawatan, atau dukungan. (https://magdalene.co › Blog)

Sementara, menurut UN Women (2018), kerja perawatan berarti produksi dan konsumsi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh fisik, sosial, kesejahteraan mental, dan emosional untuk kelompok yang membutuhkan. Di antaranya orang sakit, bayi dan anak-anak, lansia, kelompok dengan disabilitas, bahkan orang-orang yang sehat dan bekerja. (https://magdalene.co › Blog)

Padahal dalam setiap hari, perempuan dalam kerja perawatan ini bisa sampai 15 – 20 jam sehari. Sayangnya, kerja – kerja perawatan seperti ini sering tidak dianggap dan tidak dinilai sebagai kerja produktif yang berkontribusi pada ekonomi keluarga.

Harapannya dari FGD ini, bisa membuka pengetahuan para peserta bahwa kerja perawatan sangatlah penting meskipun tidak dibayar, jangan dianggap sepele karena tidak menghasilkan. Ini membuka mata bahwa kesenjangan gender masih terjadi, untuk itu keterlibatan laki – laki dalam carework sangatlah penting supaya bisa merasakan apa yang dirasakan oleh perempuan. (ga)