GA (GMI) – Gema Alam NTB dalam pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat (pedagang kecil) yang sejak tahun 2017 sampai dengan saat ini masih menjalankan program bantuan modal bagi pedagang kecil. Program ini didukung oleh Global Micro Initiative (GMI) – Jerman. Pada bulan Februari 2024 kembali melakukan pemberian bantuan modal usaha kepada 4 orang mitra baru di Dusun Lekong Pituk dan Dusun Otak Bangket, Desa Tetebatu Selatan. Empat orang tersebut adalah;

Kempatnya mendapatkan bantuan modal masing – masing sebesar Rp 1.500.000 dalam jangkan waktu 6 bulan dan akan diangsur setiap minggu, perlu diketahui bahwa bantuan modal ini hanya menarik bunga sebesar 0,5% itupun hanya sebagai administrasi saja.

Proses Pencairan Bantuan Modal Usaha kepada Mitra Baru

Desa Tetebatu Selatan merupakan desa baru dalam program ini dan menariknya terdapat sejumlah masyarakat yang memiliki usaha tertarik untuk menjadi mitra baru dan dapat meminjam modal usaha di program ini.

Koordinator program GMI Muslihan yang ditemani oleh salah satu anggota tim program Rizalman Zuhdi  turun langsung ke lapangan untuk melihat bagaimana proses pemberian modal usaha di desa baru tersebut. Empat orang mitra baru tersebut kini mendapat bantuan dana bergulir dalam program GMI untuk dapat meningkatkan kemajuan usaha kecil mereka.

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki usaha (pedagang kecil) yang tidak dapat/sulit mengakses bantuan permodalan ke perbankan. Tidak hanya memberikan bantuan modal, program ini juga memberikan peningkatan kapasitas bagi mitranya diantaranya melatih manajemen usaha, manajemen keuangan, pembukuan dan apa yang butuhkan oleh mitra.

Harapan ke depannya, semoga bantuan ini mampu memberi manfaat kepada para pedagang kecil di Lombok Timur.(gantb)