Konsep Sekolah Setara bertujuan untuk membangun pendidikan kritis agar masyarakat khususnya kelompok rentan dalam hal ini perempuan marginal dan disabilitas memiliki pandangan yang peka terhadap segala bentuk tindakan dari pihak penguasa atau dominan, karena seharusnya perempuan dan disabilitas memiliki hak yang sama dalam seluruh aspek kehidupan ber

Sabtu, 13/1/2024 Gema Alam NTB dalam program WE for JET mulai melaksanakan Sekolah Setara Siklus ke II yang berlokasi di Desa Dasan Geria Dusun Murpeji Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan pada siklus ini semakin seru! Dimana mengajak peserta untuk lebih mengenal apa itu disabilitas mulai dari jenis, tantangan yang dialami secara personal maupun yang dihadapi di lingkungan, serta seperti apa beban ganda yang di alami perempuan desa.

Memetakan Fakta Kondisi Perempuan dan Disabilitas

Masyarakat memahami dan menerapkan bahwa kodrat perempuan di ranah kasur, sumur dan dapur (domestic) dan laki-laki di ruang publik. Sementara disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya bahkan tersembunyi dari proses pembangunan karena adanya rasa malu dan dianggap aib oleh keluarga. Pemahaman yang sangat fundamental ini tertanam dalam diri manusia yang membuat perempuan dan kelompok rentan lainnya tertinggal dalam isu-isu pembangunan. Termasuk isu transisi energi yang saat ini menjadi fokus global.

Kami meyakini Sekolah Setara bisa menjadi wadah atau ruang bagi perempuan dan disabilitas untuk meningkatkan potensi diri, bebas berekspresi dalam mengutarakan pendapat dan mengasah diri untuk berpikir lebih kritis dalam menyampaikan aspirasi.

Kontributor : Dyah Ayu – Faslap Lobar – GANTB